Manfaat Website Sekolah

Membangun Website ( suatu halaman yang tergabung dari beberapa halaman website yang memberikan informasi, data, tampilan visual yang saling berhubungan satu sama lain dan berada dalam sebuah server dalam sebuah jaringan internet)  Sekolah kini bukanlah hal yang sulit  , banyak cara yang kini bisa dilakukan  oleh pihak sekolah seperti menggunakan jasa hosting domain  dan  maupun  menggunakan CMS berbayar dan gratis.
Website Sekolah adalah salah satu ‘senjata’ bagi sekolah untuk menunjukan jati diri kepada  orang banyak , sebagai media informasi bagi orang-orang luar yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang sebuah sekolah  dan tentu saja  Website Sekolah bisa dijadikan sebagai ajang promosi  pada saat musim Penerimaan Peserta Didik Baru .

Berikut ini adalah 3 manfaat Website Sekolah :

1. Memperkenalkan profil  sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti : Fasilitas yang tersedia, Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pebelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.

2. Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya : komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antara siswa melalui media forum, komunikasi antara orangtua siswa/ calon siswa dengan sekolah melalui media email ataupun form kontak di website

3. Sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat, seperti : Pengumuman, Pers Release, dan Berita resmi sekolah.


Sayangnya, ada beberapa hal sering terjadi pada Website-website Sekolah. Mulai dari kurang update karena tidak punya tim pengurus/redaksi yang siap mengurus dan memberi informasi lewat Website Sekolah hingga masalah kehabisan   bandwidth karena hosting yang kurang mencukupi atau kehabisan paket kouta internet. Yang lebih parah banyak website menjadi almarhum akibat kebijakan Kepala Sekolah yang tidak mengalokasikan anggaran untuk operasional Website Sekolah.

Oleh karena itulah diperlukan adanya kebijakan Kepala Sekolah dalam mendukung tim admin (menangani perangkat keras, perangkat lunak, tim desain web dan tim pengelola informasi serta tim redaksi yang mengelola sistem publikasi dan komunikasi ) yang kuat, dinamis. Serta memberi penghargaan dalam hal insentif yang memadai. 

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال