Bintang Emas Kedua Untuk Prancis !

Prancis akhirnya menjadi yang terbaik di Russia 2018 dan berhak menyematkan Bintang Emas kedua abadi di kostum timnas setelah menaklukkan Kroasia 4-2.  Gol Perancis dicetak melalui bunuh diri Mario Mandzukic pada menit ke-18, penalti Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba (59') dan Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, Kroasia mencetak gol melalui Ivan Perisic (28') dan Mario Mandzukic (69'). 

Hasil ini membuat Didier Decschamp (kapten Prancis saat juara 1998) menyamai rekor legenda Jerman Barat ,Franz Beckenbauer  ( 1974 sebagai kapten dan 1990 sebagai pelatih)  dan legenda Brazil Mario Zagalo  (kapten 1958 dan  1970 sebagai pelatih ) yang sukses menjadi pelatih dan kapten tim yang memenangi Piala Dunia. Prancis juga mendapat gelar tambahan dimana Mbape menjadi pemain muda terbaik FIFA.
 
Sedangkan bagi Kroasia yang menjadi negara ke 13 yang masuk final, kekalahkan ini mengikuti jejak  Hunggaria ,Swedia dan Belanda sebagai finalis yang belum pernah juara dunia. Ditambah gagal meneruskan mitos per 20 tahun yang selalu melahirkan juara dunia baru. Kroasia sedikit terhibur dengan gelar Luca Modric yang meraih Golden Ball FIFA.
 
Pertandingan final Piala Dunia 2018  yang dipimpin Nestor Pitana ( Argentina )  digelar di Stadion Luzhniki,  Moskow - Minggu (15/7/2018) kedua tim menurunkan skuad terbaiknya.
 
Perancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud . Pelatih: Didier Deschamps
 
Kroasia: 23-Danijel Subasic; 3-Ivan Strinic, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 2-Sime Vrsaljko; 7-Ivan Rakitic, 11-Marcelo Brozovic, 4-Ivan Perisic, 10-Luka Modric, 18-Ante Rebic; 17-Mario Mandzukic . Pelatih: Zlatko Dalic
 
Perancis unggul melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic pada menit ke-18. Tendangan bebas  Griezmann  menyentuh  kepala  Mandzukic  yang membantu pertahanan justru sundulan nya mengarah mulus ke pojok atas gawang timnya sendiri. Les Bleus memimpin di 1-0. 
 

 
Kroasia menyamakan skor dimenit -28.  Kemelut dikotak pinalti Prancis , bola jatuh ke kaki Perisic dan hanya dengan satu gocekan, sang pemain melepaskan tendangan dengan kaki kiri  keras yang robek sisi kiri jala Hugo Lloris pada menit -28. Kroasia menyamakan skor 1-1.

 
Perancis kembali unggul pada menit ke-38 lewat eksekusi.  penalti Griezmann. Wasit menghukum Kroasia setelah melihat VAR. Hukuman ini diberikan karena Perisic menyentuh bola dengan tangan saat menghalau sepak pojok. Pinalti Griezmann  menit -38 sekaligus gol ke 4 nya. 


 
Hingga babak pertama berakhir, Perancis unggul 2-1 atas Kroasia.
 
Kedua tim langsung meningkatkan tempo serangan diawal babak kedua. Namun, Perancis kembali menambah keunggulan pada menit ke-59. Tendangan pertama  Paul Pogba tertahan dan kembali jatuh dikakinya kemudian melakukan tendangan keras hingga menggetarkan gawang Subasic yang mati langkah akibat terhalang penglihatan. 3-1, Prancis memperlebar jarak. 
 

Menit 64, Perancis kembali menambah keunggulan melalui tendangan keras Kylian Mbappe dari luar kotak pinalti . Skor berubah menjadi 4-1 dan menjadi gol ke 4 Mbappe dan membuat Prancis semakin mendekati gelar ke dua. 

Mandzukic menciptakan asa untuk Kroasia, usai memanfaatkan  blunder Lloris yang berusaha menggocek bola dimuka gawang pada menit 69. Skor 4-2  tetapi tetap bertahan hingga wasit Pitana meniup pluit panjang.  


Kiper Hugo Lloris pun akhirnya sukses menerima mengangkat langsung Tropy Piala Dunia mengikuti jejak Dino Zoff ( Spanyol 1982) dan Iker Casillas ( Afsel 2010 ) dalam suasana hujan. 
 
Sebagai tambahan Presiden  Kroasia , Kolinda Grabar Kitarovic' ( yang menguasai lima bahasa berbagai negara) saat dipodium mendampingi penyerahan medali dan piala selalu  memberikan pelukan hangat ucapan selamat mulai wasit, hingga seluruh pemain kedua tim. 
Hasil  Lengkap Piala Dunia Russia 2018
Juara  : Prancis
Runner Up : Kroasia
Peringkat Tiga : Belgia
 
Luca Modric meraih Golden Ball
Harry Kane ( 6 gol ) meraih  Golden Boot
Thibaut Courtois meraih Golden Glove award
Kylian Mbappe meraih FIFA Young Player
Spanyol meraih  FIFA Fair Play Trophy

(my)

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال