Ikuti Lomba Aplikasi Mobile KIHAJAR 2018

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud ) kembali melaksanakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 (dulu Lomba Mobile Edukasi). Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 adalah  pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran ( maksimal 200 mb ) yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet . Lomba ini merupakan rangkaian dari  acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. 

Lomba ini bertujuan untuk memotivasi pelajar, guru dan masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone, membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh pelajar, guru dan masyarakat melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi hingga memperkaya konten pendidikan di internet.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan, Guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan dan Khalayak Umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.

Sedangkan target yang hendak di raih adalah 80 peserta terbaik yang memenuhi syarat dimana konten yang dibuat akan dijadikan bahan ajar untuk memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 terbagi  4 kategori, yakni
  • Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
  • Kategori Guru bertema mata pelajaran
  • Kategori Umum bertema V-Lab, dan
  • Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran ( 1 April 2018 sampai 1 Agustus 2018 secara online di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba ) dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya ( bulan September 2018 secara karantina selama 5 hari) , Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah (Oktober 2018 di Kota Semarang ).

Berikut adalah contoh karya konten yang telah mengikuti lomba pada tahun-tahun sebelumnya Klik di sini sebagai bahan inspirasi.  Ingat batas akhir pendaftaran dan pengumpulan konten adalah hingga pukul 23.59 WIB  1 Agustus 2018.  Semoga bermanfaat.
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال