Aroma Piala Eropa Dan Siklus 20 Tahunan Di Semi Final Russia 2018

Partai panas akan kembali tersaji pada semi final Prancis versus Kroasia , Rabu (11/07) pukul 01.00 Wib dan Kroasia versus Inggris , Kamis (12/07) pukul 01.00 Wib. Semi final Piala Dunia ini menjadi semi final beraroma Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak World Cup Espana 1982 ( Italia, Jerman,Polandia dan Prancis). Hal yang kadang terasa mustahil terjadi dimana tidak ada tim dari Amerika Selatan ( Latin )  seperti Brazil , Argentina dan Uruguay sebagai tim langganan yang lolos ke babak 4 besar ini.
Berdasarkan sejarah , Inggris dan Prancis pernah meraih gelar juara  saat menjadi tuan rumah, masing-masing 1966 dan 1998. Tetapi jangan pernah meremehkan 2 tim lainnya, terlebih skuad tim tersebut dihuni  bintang lokal yang berkarir di Liga Inggris, Italia dan Spanyol.  Belgia pernah sukses mengejutkan dunia saat melaju ke semifinal Meksiko 1986 sebelum dikandaskan 2 gol Maradona yang kemudian meraih juara. Kroasia juga tak kalah mengejutkan , sebagai negara yang baru berdiri dengan pecahnya Yugoslavia . Dimana Davor Suker cs berhasil meraih prestasi menembus semifinal Prancis 1998  meski gagal ke final usai dijegal 2 gol Lilian Thuram bek Prancis ( kalau tak salah itu lah jumlah gol yang dicetak Thuram selama karir membela timnas Prancis ).

Bicara soal hal klenik, ada yang menarik dimana siklus 20 tahunan  sejak 1958 ,Piala Dunia dimenangkan tim juara baru. 
  • Swedia 1958 : Pele remaja sukses memberi Brzail gelar untuk pertama kalinya. 
  • Argentina 1978 : Mario Kempes meredam Total Footbal Belanda hingga Argentina juara untuk pertama kalinya.
  • Prancis 1998 : 2 Gol Zidane dan Petit membungkam juara bertahan Brazil , Prancis juara dunia.
  • Russia 2018 : Hazard atau Modric ? 
Mohon maaf  kepada fans Prancis dan Inggris ! Tidak perlu marah , ini hanya hitungan siklus 20 tahunan. Bisa tepat , bisa meleset. 

Hal klenik berikutnya adalah : tidak ada  kapten tim juara  Piala Dunia ( orang pertama yang menerima dan mengangkat Piala Dunia )yang berposisi striker. oppss ini jelas kembali membuat marah fans Inggris. Sekali lagi ini hanya data fakta berdasarkan sejarah. Jadi bukan mustahil Harry Kane adalah orang yang pertama memecahkan mitos tersebut. Atau Harry Kane absen saat Inggris juara maka mitos tersebut akan terus berlanjut.

Tetapi tim yang lolos ke final  Luzhniki Stadium,  Moscow yang berkapisitas  81,000 kursi jelas merupakan tim terbaik dunia saat ini . Juara Baru atau Muka Lama ? Selamat menikmati permainan Prancis,Belgia,Kroasia dan Inggris.
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال