Menghadirkan “Kuis Siapa Berani” Pada Pembelajaran Di Kelas

Postingan kali ini lebih ditujukan kepada Tenaga Pendidik atau Guru sebab ada trik interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran dikelas dengan  melaksanakan penilaian hasil belajar alternatif.  Jika selama ini penilaian hanya berupa kertas dan pulpen atau  berbasis CBT ala UNBK , maka tak salah jika Guru memanfaatkan perangkat keras yang dimiliki  siswa seperti smartphone berbasis android, tablet maupun laptop yang  terhubung ke internet.


Selanjutnya Guru cukup menginstall aplikasi Kahoot ! di Playstore, mendaftar , membuat akun  dan kuis pilihan ganda yang akan diberikan kepada siswa.  Untuk menggunakan Kahoot seorang guru tidak perlu harus menguasai ilmu Coding dll!  Coding itu berat , biar Dilan saja yang menanggungnya hehehe…. 
Apa itu Kahoot ??? Jika anda ingat dengan salah satu program siaran televisi Kuis Siapa Berani di Indosiar dan sekarang pada malam tertentu juga tayang di TVRI , maka Kahoot hampir serupa dengan kuis tersebut ! Menyenangkan bukan ?

Kahoot adalah media pembelajaran berbasis permainan gratis dalam bidang pendidikan. Media ini diluncurkan pada bulan Agustus 2013 dari Norwegia. Kahoot adalah kuis pilihan ganda atau diskusi dan Survey  yang dapat diciptakan oleh siapa saja dan tidak terbatas pada tingkat usia atau materi pelajaran. 

Dengan menggunakan media Kahoot, guru dapat menampilkan pertanyaan kuis ke layar di depan kelas menggunakan proyektor dan siswa akan diberi waktu +/-30 detik untuk memilih jawaban di laptop, tablet, atau ponsel cerdas-nya masing-masing. Siswa mendapatkan poin untuk pilihan yang benar dan poin tambahan untuk mengklik lebih cepat. Jadi kecepatan mengklik jawaban yang benar juga akan mendapat poin tambahan. Sehingga meskipun semua peserta menjawab dengan benar akan ada perbedaan poin.

Selama periode jawaban, Kahoot mengeluarkan lagu hitung mundur yang menarik. Jawaban pertanyaan siswa dapat ditampilkan didepan kelas baik yang benar dan salah. Selanjutnya, program akan mengkalkulasi rangking kelima siswa teratas berdasarkan poin yang terakumulasi.

Kemudahan lain yang ditawarkan Kahoot adalah bagi siswa yang akan mengikuti kuis tidak perlu untuk mendaftar menggunakan email dan membuat account. Cukup mengunjungi website kahoot.it dan masukan PIN yang diberikan guru  ( dengan catatan guru sudah membuat soal pilihan ganda di Kahoot), maka secara otomatis siswa terdaftar sebagai peserta kuis.

 Menarik bukan ? Anda sebagai Tenaga Pendidik  Yang Profesional , berminat menghadirkan “Kuis Siapa Berani” pada pembelajaran dikelas ? Cukup sediakan laptop utama, speaker, proyektor LCD , jaringan internet  dan surat ijin atau lisan siswa boleh membawa ponsel cerdas, tablet, laptop. 
Selamat Mencoba.
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال